Wednesday, April 24, 2013

Angelina Jolie Kampanye Anti Kekerasan Sex



LONDON, KOMPAS.com — Bintang cantik Hollywood, Angelina Jolie, menggunakan popularitasnya untuk bergabung dengan kelompok negara-negara G-8 di London, Inggris, dalam kampanye memerangi kekerasan seksual di daerah-daerah yang mengalami kekerasan militer.


Jolie bergabung dengan Menlu Inggris William Hague, Kamis (11/4/2013), saat mengumumkan tambahan dana 36 juta dollar AS dari G-8 guna menunjang sejumlah langkah untuk mencegah kekerasan seksual dan menjamin keadilan bagi mereka yang selamat.


Kantor berita AP melaporkan, Jolie menegaskan, sudah sangat lama mereka yang selamat dari kekerasan seksual menjadi "korban yang dilupakan" dalam sejumlah konflik dan perang di Timur Tengah, Afrika, dan di mana pun di dunia ini.

"Hari ini saya yakin suara mereka telah didengar," ujar Jolie di samping Menlu Inggris Hague, Menlu AS John Kerry, dan sejumlah menlu dari negara anggota G-8 lainnya.


Jolie yang juga menjadi utusan khusus Komisi Tinggi PBB untuk Pengungsi menyambut hangat sikap berkampanye mengurangi kekerasan seksual. Sudah lama diperlukan sebuah keinginan politik internasional untuk mencegah adanya kekerasan seksual di daerah konflik. Kekerasan seksual telah digunakan sebagai senjata di sejumlah konflik, termasuk di Suriah, Libya, Bosnia, dan Kongo.


Dana yang ada ini, antara lain, digunakan untuk melatih sejumlah personel militer mengatasi kekerasan seksual. Juga akan dilakukan sebuah standar internasional untuk menyelidiki kekerasan seksual dan perkosaan. Selain itu, mau dipastikan bahwa tidak ada pengampungan bagi pelaku kekerasan seksual dalam sebuah perjanjian perdamaian.

     
sumber : 1. Kompas
              2.Yahoo

No comments:

Post a Comment