Monday, February 25, 2013

Cara Ampuh Masuk ke situs yang Di Blokir

Cara Ampuh Masuk ke situs yang Di Blokir 

Mungkin di beberapa tempat seperti sekolah, kantor atau warnet ada situs-situs yang tidak bisa diakses oleh kita misalnya Facebook, Friendster, Youtube dan lainnya, banyak alasan mengapa website website tersebut di block oleh network admin. Namun dengan sedikit improvisasi kita dapat mengakses atau membuka situs yang diblok tersebut. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan:

1. Ultrasurf 9.92, untuk membuka situs yang di blok, cara membuka situs website yang diblokir server, cara membuka situs website yang diblokir admin, dapat di download disini
Catatan:
- untuk browser IE dan Chrome akan tersetting dengan otomatis oleh ultrasurf
- untuk Firefox buka menu Tool - Option - Advance - Network - Setting - pilih manual
proxy configuration

 2.   Menggunakan IP address

Setiap kali kita browsing di internet hampir semuanya mengetikkan alamat URL (Uniform Resource Locator) seperti google.com, youtube.com. URL digunakan untuk membedakan alamat web dan pastinya semua wesite memiliki URL yang tidak sama, selain itu URL dapat mempermudah user internet untuk mengingat alamat web di internet. Namun bagi komputer tidak mengerti format seperti URL, komputer hanya dapat membaca IP address untuk dapat mengakses website dan saling berkomunikasi di internet. Kadang situs situs yang diblok disimpan alamat URLnya atau hanya memblock alamat URLnya saja sehingga jika diakses melalui IP address-nya masih bisa terbuka. Untuk mengetahui IP address suatu website kita bisa melakukan ping ke website tersebut melalui command promt, setelah diketahui IP addressnya, ketik IP address ke browser.
Dengan Cara :
Mozilla firefox:
- Tools –> Options
- Lalu kita memilih “tab Advanced”–>dan dilanjutkan dengan “tab Network” –> kemudian kita klik Setting
- kita Klik opsi “ Manual proxy configurations “ –> dan kemudian kita isikan nomor IP Proxy server yang bisa di cari di Proxy4free.com, misalnya : 313.287.279.221 dan portnya : 8888.
- Dan pada sesi yang terakhir kita kasih ceklist di “ Use this proxy for all protocol “
Internet Exploler :
- Pilih “Menu Tools”–>Kemudian klik “Internet Options”–>Lalu klik “tab Connections”.
- Lalu setelah itu pilih “LAN Setting” –>Kemudian kasih ceklist di opsi “ Automatically detect setting “ –>lalu di pilihan “Proxy server”, ceklist optional “ Use a proxy server for LAN”.
- Lalu pada step ini silahkan isi nomor proxy, misal : 313.204.279.221 dan di port : 8888. kemudian pada langkah terakhir ceklist “Bypass proxy server for local address” , dan OK.

3.- Redirect menggunakan jasa URL shortener service


Mengkonvert alamat URL situs yang di blok dengan layanan URL short seperty SnipURL, goo.gl, atau bit.ly dapat membypass settingan admin yang memblok.

4.- Google Translator


Ini pernah ane lakukan waktu situs youtube dan friendster tidak dapat diakses karena diblok oleh pemerintah (katanya). Kita tinggal memasukkan alamat URL pada form disebelah kiri Google translate, maka di sebelah kanan akan muncul link URL yang bisa kita klik untuk membuka website tersebut.

5.Menggunakan proxy di browser


Banyak sekali situs yang memberikan daftar proxy dari berbagai negara. Untuk mendapatkan proxy list yang sesui bisa di cari di samair.ru, pilih salah satu proxy. Buka firefox–>klik tool–>pilih option–>pilih advance–>pilih tab network–> klik tombol settings–>akan muncul jendela Connection Settings pilih Manual proxy configuration:–>masukkan IP address proxy beserta port-nya kemudian OK.
Untuk firefox ada add-on untuk mempermudah setting proxy pada browser yaitu FoxyProxy, sobat bisa menggunakan lebih dari satu proxy.

 6.Menggunakan Google Mobile Search

  Sobat juga dapat mencoba menggunakan Google mobile search, tetapi biasanya hasil yang didapat tidak maksimal. Cara ini sama seperti saat menggunakan web translator atau web proxy.

Demikian beberapa cara yang bisa dilakukan untuk dapat membuka atau mengakses alamat website yang diblokir oleh network admin.Sebenarnya masih banyak cara atau trik tetapi yang ane sering pakai yang dh ane sebutin di atas.Silahkan sobat cari lagi di internet jika masih belom bisa dengan cara yang ane posting.
Semoga bermanfaat dan berguna buat sobat semuanya.
Comments
2 Comments

2 comments: